Home > Justincase, Teachings > Matematika lewat jendela

Matematika lewat jendela

Saya selalu merasa kagum atas kehebatan sebuah jendela dalam layar komputer kita, apapun nama jendelanya (entah itu internet explorer, firefox, safari, google chrome, opera, ect.). Jendela ini telah membawa kita (setidaknya saya) ke sebuah dunia yang luar biasa dimana informasi dapat ditransfer dengan hitungan milidetik. Salah seorang supervisor saya pernah berkata tentang kekagumannya terhadap internet. “Dengan internet, siapapun dapat menjadi guru sekarang ini,” katanya. Setuju, mengingat banyak sekali informasi tersedia di dalam jendela tersebut, tergantung bagaimana seseorang tersebut memanfaatkannya.

Permasalahan yang akan saya bicarakan adalah di dunia pendidikan, khususnya di dunia matematika, dan ini juga berlaku di dunia akademik manapun tentunya. Memanfaatkan jendela dalam layar komputer, saya menemukan beberapa cara mengakses informasi tentang matematika, apakah itu buku pengajaran, catatan kuliah, dan bahkan kuliahnya sekalipun dan juga diskusi gratis tersedia. Lewat tulisan ini, saya ingin mensharingkan pengalaman saya yang saya yakin cukup berharga untuk kita semua. Lewat tulisan ini juga saya ingin menyimpan list-list situs ini secara permanen, karena jika tidak, situs-situs ini hanya akan menjadi tulisan di post-it notes yang tertempel di meja saya, yang akan terbuang ketika saya membereskan meja saya akhir bulan ini. Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan untuk mengomentari atau mengupdate item-item yang telah saya tuliskan.

1. Itunes

Saya harap semua orang kenal dengan program ini. Itunes adalah sebuah software yang didesain untuk mendengarkan musik, menonton film ataupun video klip. Tak hanya itu, software ini dapat digunakan ‘belanja’ lagu ataupun film, tentunya dengan pembayaran credit card. Salah satu fiture dalam itunes yang membuat saya terbantu adalah fiture iTunes U. Tidak sulit untuk mengakses fiture ini, tingga kita klik iTunes Store dan arahkan kursor anda ke pilihan iTunes U.

Isi dari fitur ini adalah kumpulah kuliah kuliah dari berbagai bidang, yang telah diunggah oleh lecturernya sendiri ataupun oleh sebuah organisasi yang biasanya merupakan sebuah universitas terbuka. Melalui fitur ini, saya bisa belajar tentang berbagai kuliah matematika yang dibawakan secara menarik oleh tiap tiap kontributornya. Saya juga dapat menikmati kuliah yang dibawakan oleh Gilbert Strang, profesor terkemuka dari MIT, dan juga menikmati seminar tentang Einstein yang dibawakan oleh Terence Tao, seorang profesor termuda yang mendapat Field Medal.

2. Khan Academy

Sharing saya yang kedua masih berupa kuliah matematika yang tersedia secara gratis di jendela komputer kita. Khan academy adalah sebuah organisasi non-profit yang bertujuan sangat mulia yaitu mencerdaskan semua orang. Pencetusnya adalah Salman Khan yang sampai saat ini telah mempunyai koleksi 2100 video pengajaran khusunya di bidang matematika.

Khan academy, selain mempunyai website sendiri, juga memanfaatkan situs youtube untuk menyebarluaskan pengajarannya. Saat ini siapa yang tidak kenal youtube. Tujuannya tak lain adalah agar semua orang dapat merasakan manfaatnya.

Sudah beberapa kali saya menikmati kuliah kuliah yang tersedia di situs ini. Saat ini kuliah kuliah yang ada mungkin lebih cenderung erlementer, namun saya yakin seiring bertambahnya waktu, akan semakin banyak kuliah-kuliah dari yang paling dasar sampe yang paling advance akan tersedia disini. Lebih lagi, kita diundang untuk menjadi salah satu kontributor dari situs ini.

3. Gigapedia

Sharing saya yang ketiga adalah tentang buku pengajaran. Sering saya mendapatkan kesulitan untuk mengakses sebuah buku matematika. Hal ini dikarenakan saya kebetulan bekerja di sebuah universitas yang budgetnya sedikit untuk matematika. Alhasil, buku pengajaran untuk matematika sangatlah jarang. Solusinya adalah mencari buku elektronik dimana kita harus mencarinya lewat situs pencari seperti Google ataupun Yahoo.

Namun kini ada berita bagus untuk kita semua pemburu buku elektronik. Silahkan anda masuk ke situs gigapedia dimana disitu kita dapat menemukan lebih dari 10 ribu buku elektronik dari berbagai bidang. WOW. Sungguh sebuah hadiah yang bagus, karena dengan adanya buku elektronik tersebut, kita dapat belajar dimana pun bahkan ketika kita sedang bepergian, tentunya jika kita membawa laptop ataupun ebook reader.

4. Physics Forum

Apakah anda familiar dengan forum internet. Banyak sekali forum internet di dunia maya ini, ada yang membahas olah raga, politik, komputer, teknologi. Nah, ini adalah sebuah forum akademik yang unik di mana disini kita dapat belajar sambil berbagi ilmu. Dari namanya, tentunya kita menyangka forum ini berbicara tentang fisika, namun ternyata tidak. Selain fisika, terdapat matematika, engineering, dan ilmu sains lainnya.

Keunikan dari forum ini adalah anda dapat bertanya tentang homework anda khusunya untuk mahasiswa. Mahasiswa modern adalah mahasiswa yang dapat mencari informasi sebanyak mungkin yang dapat membantu dirinya dalam kuliahnya. Walaupun anda dapat bertanya tentang peer kuliah anda, tetapi anda harus berusaha terlebih dahulu barulah anda akan mendapatkan response dari pertanyaan anda. Dan anda tidak akan mendapatkan jawaban 100%, karena anda hanya akan mendapatkan petunjuk untuk menjawab pertanyaan anda.

Selain pr, kita juga dapat berdiskusi tentang masalah masalah dalam bidang akademik kita. Menurut pengalaman saya memakai forum ini, setiap saya mendapatkan suatu masalah, uneg-uneg, pasti ada setidaknya satu orang di forum ini yang mengalami uneg-uneg yang sama.

5. Mathoverflow

Sama seperti situs internet sebelumnya, situs ini merupakan situs yang dapat kita gunakan untuk berdiskusi. Perbedaannya disini hanya topik-topik di sekitar matematika yang berada di level research. Sering kali ketika kita melakukan research dan harus membaca buku-buku di level ‘graduate’ yang tidak pernah kita buka sebelumnya, kita mempunyai pertanyaan dan disinilah yang akan membantu kita. Bahkan, topik-topik yang didiskusikan disini kadang-kadang merupakan sebuah ‘open question’ yang belum terjawab.

6. Wolfram, PlanetMath dan Scholarpedia

Walaupun wikipedia mempunyai banyak sekali informasi yang dapat kita baca, namun sayangnya kita tidak bisa menjadikan wikipedia sebagai rujukan informasi. Tetapi terdapat situs laiinya yang dapat dipakai untuk rujukan. Ada tiga website yang menjadi situs tersering yang sering saya kunjungi untuk mengakses informasi matematika secara cepat dan akurat.

Masih banyak situs-situs internet lainnya yang bisa membantu kita entah dalam perkuliahan, penelitian ataupun menyiapkan kuliah. Keenam situs internet diatas hanyalah sebagai contoh bahwa banyak yang dapat kita temukan dan manfaatkan dalam jendela dalam komputer kita.

Sekali lagi saya mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini. Ucapan terima kasih sebanyak-banyaknya jika ada komentar dan masukannya, atau jika anda dapat menambah situs-situs yang lain yang akan tentunya sangat berguna.

Rujukan

  1. http://www.apple.com/education/itunes-u/
  2. http://www.khanacademy.org/
  3. http://library.nu/
  4. http://www.physicsforums.com/
  5. http://mathworld.wolfram.com/
  6. http://planetmath.org/
  7. http://www.scholarpedia.org/
Categories: Justincase, Teachings
  1. ivanky
    April 15, 2011 at 2:28 pm
  2. June 1, 2011 at 2:54 pm

    tepat

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

